Menambahkan Domain Melalui Addon cPanel

Addon domain adalah fitur yang tersedia pada cPanel yang memungkinkan untuk menambahkan domain baru (bisa lebih dari satu) pada web hosting Anda. Nama domain (website) yang ditambahkan umumnya memiliki directory yang unik alias berupa folder didalam domain utama (file manager tidak terpisah).
authorKamus HostingLast Updated 0 Comments
menambahkan domain baru melalui fitur addon cpanel

Web hosting umumnya dapat menampung beberapa domain sekaligus pada hosting yang sama, namun ada juga paket hosting yang ditawarkan hanya bisa memuat satu domain atau website saja. Jadi Anda harus memperhatikan hal tersebut terlebih dahulu. Apabila hosting Anda memungkinkan untuk menambahkan domain lebih dari satu maka bisa menggunakan cara dibawah ini.

Cara Menambahkan Domain Melalui Fitur Addon di cPanel

  • Login akun cPanel Anda.
  • Pada dashboard cPanel temukan bagian atau panel Domains dan pilih item Addon Domains.
  • Pastikan akan muncul seperti gambar dibawah ini:addon domain
  • Pada kolom New Domain Name mohon isikan nama domain Anda, misalnya KamusHosting.com
  • Untuk kolom Subdomain harusnya sudah terisi secara otomatis (apabila belum maka bisa diisi dengan nama domain tanpa ekstensi). Yang dimaksud dengan subdomain pada gambar diatas hanya sebatas penamaan dibawah domain utama.
  • Sedangkan untuk Document Root juga sudah terisi otomatis dan menunjukkan dimana file data dari domain yang baru ditambahkan dapat disimpan, yaitu pada /public_html/nama-domain-anda. Lebih jelasnya bisa Anda lihat hasil screenshot (gambar) paling bawah.
  • Ketika sudah semuanya, lalu tekan tombol Add Domain, apabila berhasil maka muncul halaman seperti gambar dibawah ini:addon domain berhasil
  • Sampai dengan tahap ini, harusnya Anda telah berhasil menambahkan domain baru melalui fitur addon domain. Untuk menunjukkan dimana letak file data pada domain yang baru ditambahkan tersebut maka bisa melihatnya pada bagian Files lalu pilih File Manager lalu muncul gambar seperti dibawah ini:file manager addon domain
  • Anda dapat menyimpan file data atau bahkan menginstall WordPress didalam directory atau folder seperti diatas atau /public_html/nama-domain-anda sesuai dengan domain yang Anda buat.
  • Sudah selesai tutorial menambahkan domain baru, sekian, dan terimakasih.

Apabila terdapat kebingungan mengenai bagaimana cara menambahkan domain baru dengan menggunakan fitur Addon Domain melalui cPanel maka bisa tinggalkan pada kolom komentar dibawah ini. Kamus Hosting

Tuliskan Komentar Anda