Mengubah Folder dan File Permission Melalui cPanel

File permission adalah hak akses yang diberikan untuk pengguna (atau yang berwenang) untuk menulis, membaca, dan menjalankan file data atau mengeksekusi folder dalam file manager pada cPanel.
authorKamus HostingLast Updated 0 Comments
cara mengubah file permission melalui cpanel

Setiap file maupun folder yang terletak didalam file manager paka akun cpanel Anda memiliki izin tertentu alias file permission yang perlu ditetapkan dan disesuaikan kembali. File permission menentukan siapa saja yang berwenang untuk menulis, membaca, dan atau menjalankan file tersebut.

Umumnya masing-masing file dan folder telah memiliki izin "hak akses" secara default. Dalam banyak kasus, hak akses yang ditetapkan secara default tersebut tidak perlu diubah. Hanya saja untuk sebagian file data ataupun folder yang telah dilakukan pembaruan ataupun setelah menginstal aplikasi baru, maka perlu untuk diperhatikan ataupun diubah hak akses tersebut sesuai dengan otoritas Anda selaku admin.

Penjelasan Singkat Mengenai File Permission

Semua file dan folder memiliki setup file permission tersendiri yang nantinya akan bekerja pada sistem operasi terhadap suatu server untuk menangani permintaan akses. Terdapat 3 izin "hak akses" yang diberikan:

  • Read merupakan hak akses untuk membaca file data yang dapat dilihat oleh pengguna. File permission ini diwakili huruf r atau angka 4.
  • Write merupakan hak akses untuk menulis ataupun memodifikasi file data oleh pengguna. File permission ini diwakili huruf w atau angka 2.
  • Execute merupakan hak akses yang memungkinkan file data dapat dijalankan dan folder dapat diakses oleh pengguna. File permission ini diwakili huruf x atau angka 1.

Ketiga izin "hak akses" diatas kemudian ditetapkan kembali untuk 3 jenis atau kelompok penggguna, yaitu Owner selaku pemiliki file data, Group merupakan pengguna lain yang berada di grup yang sama dengan tempat file data berada, dan World berlaku untuk semua orang.

Cara Mengubah Folder dan File Permission Melalui cPanel

  • Login akun cPanel Anda terlebih dahulu.
  • Pada panel Files temukan dan pilih menu File Manager.
  • Setelahnya akan muncul seperti hasil screenshot dibawah ini:file permission
  • Pada Sidebar sebelah kiri silahkan buka folder public_html yang merupakan folder dimana tempat file data website Anda berada.
  • Setelahnya, akan muncul file data maupun folder. Masing-masing file ataupun folder telah menunjukkan status Permission (gambar diatas > kotak merah sebelah kanan).
  • Untuk mengubah file permission, Anda bisa melakukan klik kanan pada file atau folder lalu pilih Change Permission, lalu akan muncul seperti gambar dibawaah ini:mengubah file permission
  • Ubah hak akses atau file permission sesuai dengan kehendak Anda, ketika sudah selesai maka tolong dicheck kembali apakah semuanya telah sesuai. Apabila telah sesuai maka bisa klik tombol Change Permission untuk mengubah hak akses file ataupun folder tersebut.
  • Selesai sudah tutorial cara mengubah file permission melalui cPanel, sekian, dan terimakasih.

Apabila masih terdapat pertanyaan mengenai file permission maka jangan sungkan untuk meninggalkan pesan pada kolom komentar dibawah ini. Kamus Hosting

Tuliskan Komentar Anda