IP Address

IP Address merupakan serangkaian numerik untuk mengidentifikasi suatu perangkat yang terhubung melalui jaringan internet, fungsi lainnya adalah untuk menunjukkan lokasi atau tempat dimana perangkat tersebut diakses dan yang mengakses.
authorKamus HostingLast Updated 0 Comments
ip address

Apa itu IP Address?

IP Address adalah rangkaian numerik yang bertujuan untuk menghubungkan perangkat gadget agar dapat mengakses jaringan internet. Perangkat gadget yang dimaksud adalah komputer, laptop, smartphone, dan lain sebagainya.

IP Address singkatan dari Internet Protocol Address bukan merupakan sebuah perangkat (benda yang bisa dilihat fisiknya) melainkan sederetan angka dan atau huruf yang diselingi dengan tanda titik (titik satu pada IPv4 dan titik dua pada IPv6). Tujuan utama dari IP Address adalah memberikan identitas atau alamat pada masing-masing perangkat agar dapat memudahkan untuk terhubung antara perangkat satu dengan perangkat yang lainnya secara online.

Jenis IP Address

Terdapat 2 jenis IP Address yang sering kita temukan, terlebih lagi yang berhubungan dengan web hosting dan server. Kedua jenis tersebut adalah IP Shared dan IP Dedicated.

1. IP Shared

IP Shared adalah IP Address pada suatu perangkat yang digunakan oleh beberapa pengguna yang masuk didalamnya. IP Shared lebih sering dan mudah ditemukan pada server shared hosting. Shared hosting melihat dari jenisnya merupakan hosting yang terbagi (digunakan) secara bersama-sama oleh para pengguna dalam satu server yang sama.

2. IP Dedicated

IP Dedicated adalah IP Address yang hanya diberikan kepada satu pengguna saja. Kelebihan dari IP Dedicated adalah memiliki alamat yang unik dan berbeda dengan para pengguna lainnya. IP Dedicated tidak selalu hanya dapat digunakan untuk satu domain atau website saja (lebih tepatnya adalah satu pengguna), jadi meskipun pengguna yang sama memiliki puluhan website asalkan menggunakan hosting yang sama maka seluruh website tersebut memiliki IP Address yang sama.

Perbedaan IPv4 dan IPv6

Setelah membaca penjelasan IP Address diatas, alangkah baiknya juga jikalau mengetahui versi beserta dengan contohnya dari IP Address. Sampai dengan saat ini terdapat 2 versi IP Address yang dikenal dan pastinya digunakan oleh seluruh perangkat. Apa saja itu? Dibawah ini penjelasannya.

IPv4 (IP Address Versi 4)

ipv4

IPv4 merupakan jenis IP Address yang terbilang cukup sederhana dan sering kita jumpai selama ini. Biasanya digunakan untuk hal yang bersifat umum pada jaringan komputer, yaitu menghubungkan koneksi antar perangkat.

IPv6 (IP Address Versi 6)

ipv6

IPv6 merupakan versi terbaru dari Internet Protokol (IP) Address. Jenis IP Address terbaru ini bukan menggantikan versi IP yang sebelumnya (versi 4), melainkan lebih memaksimalkan kinerja dan juga memiliki sistem alamat secara komputasi yang lebih baik dan unik dibandingkan versi sebelumnya.

Tuliskan Komentar Anda